Friday, June 15, 2012

Cara Mengukur Kalori

Suatu kalori adalah ukuran terhadap tenaga atau panas. Satu kalori adalah jumlah panas yang diperlukan untuk menaikan suhu dari satu gram air pada ketinggian satu derajat celcius. jika begitu apakah hubungan antara kalori dengan makanan kita ? Nah, kita melahap makanan untuk memberikan persediaan kepada diri kita dengan tenaga, maka tenaga atau energi yang terdapat pada makanan itu kita ukur dengan kalori. Apabila bahan makanan itu telah mengalami metabolisme, yakni telah dicernakan dan dirubah bentuknya untuk siap pakai., maka zat makanan itu digabungkan dengan oksigen pada sel-sel tubuh, maka merekapun mengeluarkan kalori itu jadi sumber tenaga bagi kita. Dalam mengukur tenaga nilai makanan, maka kita pakai kalori ukuran besar atau kilogram kalori, yang jumlahnya sama dengan seribu kalori biasa.
Setiap jenis makanan, setelah ia mangalami pembakaran dalam prosesnya dalam tubuh, akan dapat menghasilkan sejumlah kalori. Misalnya saja, satu gram protein menghasilkan empat kalori, tetapi satu gram lemak menghasilkan sembilan kalori. misalnya saja satu gram protein menghasilkan empat kalori, tetapi satu gram lemak menghasilkan sembilan kalori. Jumlah kalori yang diperlukan tubuh kita tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan oleh tubuh kita. Seorang laki-laki yang mempunyai berat badan 68 kg hanya memerlukan 1.680 kalori seharinya, apabila ia tidak berbuat suatu pekerjaan yang ringan, maka ia memerlukan kurang lebih 3.360 kalori sehari. Dan apabila ia melakukan pekerjaan berat, maka ia memerlukan sebanyak 6.720 kalori sehari untuk mempertahankan tenaga dalam tubuhnya dapat bertugas secara pantas.
Ada juga faktor-faktor lainnya yang menentukan berapa banyaknya kalori diperlukan seseorang, misalnya soal, umur, jenis kelamin, ukuran badan, kondisi tubuh, dan bahkan iklim dan cuaca. misalkan saja anda telah memakan bahan kalori yang melebihi dari pada yang anda butuhkan. apakah yang terjadi? tubuh anda akan memakai kalori itu menurut kebutuhan tubuh anda sedangkan yang selebihnya akan disimpan bagi penggunaan kemudian. Tubuh kita itu dapat menyimpan kurang lebih satu pertiga dari jumlah yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya, yang selebihnya berubah menjadi zat lemak. itulah sebabnya mengapa kita memandang penting untuk memperhatikan, mengawasi, dan mengendalikan kalori kita itu.


Sumber : Cv Pelita Indonesia