Wednesday, June 27, 2012

DIABETES MELLITUS : Gejala dan Dampaknya

Diabetes ( diabetes mellitus) digolongkan sebagai kelainan metabolisme silahkan KLIK disini. Metabolisme adalah proses dimana tubuh kita memanfaatkan makanan yang dicerna untuk pasokan energi dan pertumbuhan. Sebagian besar makanan yang diterima tubuh akan diproses menjadi glukosa . Glukosa adalah bentuk gula dalam darah dan merupakan bahan bakar bagi tubuh kita. Silahkan KLIK disini
Setelah makanan dicerna, glukosa memasuki aliran darah. sel-sel tubuh kita menggunakan glukosa untuk energi dan pertumbuhan. Namun glukosa tidak dapat digunakan oleh tubuh kita tanpa bantuan insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Setelah kita makan, pankreas melepas insulin, dalam jumlah tertentu secara otomatis untuk memindahkan glukosa dalam darah kita ke dalam sel. Hal ini menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah.
seorang penderita diabetes berada dalam, kondisi dimana jumlah glukosa dalam darah terlalu berlebihan ( hyperglycemia). hal ini disebabkan karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau tidak mampu memproduksi insulin sama sekali. Sebab lainnya adalah sel tubuh yang tidak bisa merespon insulin sama sekali. hasilnya adalah glukosa yang menumpuk dalam darah. jadi, walaupun darah mengandung banyak glukosa, sel-sel tubuh tidak bisa memanfatkannya untuk energi dan pertumbuhan.

JENIS_JENIS DIABETES
Terdapat tiga tipe diabetes :
  1. Tubuh tidak menghasilkan insulin sama sekali.
  2. tubuh tidak menghasilkan cukup insulin
  3. yang muncul dimasa kehamilan.
Diabetes tipe 1 dan 2 merupakan kondisi medis yang kronis, sementara tipe terakhir biasanya sembuh setelah melahirkan.
Semua tipe diabetes bisa ditanggulangi. Namun diabetes tipe 1 dan 2 belum ditemukan obatnya. Biasanya penderita diabates tipe 1 mendapat insulin secara teratur. selain suntikan insulin, pasien juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Pasien diabetes tipe 2 biasanya mendapatkan pengobatan oral, olah raga dan diet khususnya ditambah suntikan insulin sesuai kebutuhan.
bila diabetes tidak ditanggulangi secara benar, pasien akan mendapat resiko lebih besar terserang komplikasi seperti hypoglycernia, ketoacidosis, dan noketocic hypersosmolar coma. komplikasi berkepanjangna dapat menimbuklkan penyakit cardiovascularm, kerusakan retina, gagal ginjal, kronis,kerusakan syaraf, luka yang tak bisa sembuh ( seringkali berujung amputasi ) dan disfungsi ereksi.

GEJALA-GEJALA DIABETES
Kadang orang tidak sadar dirinya menderita diabetes. Hal ini terjadi karena gejala-gejala diabetes nampak
tidak berbahaya. Namun, semakin dini diabetes dikenali, semakin besar kemungkinan terhindar dari komplikasi akibat penyakit diabetes.
Gejala-gejala paling umum penyakit diabetes silahkan KLIK disini antara lain :
  1. Frekuensi buang air kecil yang cenderung meningkat
  2. Rasa haus berlebihan yang ditimbulkan oleh seringnya buang air kecil.
  3. Ketika kadar gula darah merosot, tubuh berfikir belum mendapatkan asupan makanan sehingga mengirim sinyal lapar untuk mendapatkan glukosa lebih banyak agar sel-sel dapat berfungsi .
  4. Penambahan berat badan akibat peningkatan nafsu makan.
  5. Penyusutan berat badan akibat pemakaian jaringan otot, dan lemak sebagai sumber energi pengganti. paling umum pada tipe 1.
  6. Lesu.
  7. Pandangan Kabur
  8. Gangguan infeksi pada kulit.
  9. Gatal-gatal pada kulit.
  10. Kerusakan dan infeksi pada gusi
  11. Disfungsi seksual pada pria
  12. Mati rasa atau kesemutan pada kaki dan tangan.



INFOASKES 2011