Monday, June 11, 2012

CARA CENDAWAN ATAU JAMUR TUMBUH

Tahukah kamu dengan cendawan atau kita lebih kenal dengan istilah JAMUR silahkan klik, cendawan ini merupakan jenis tumbuhan yang istimewa, karena ia tidak mempunyai akar, batang, dan tidak mempunyai daun. tumbuhan ini tumbuh demikian cepatnya sehingga anda seolah-olah dapat menyaksikan dia bergerak waktu sedang bertumbuh. tumbuhan ini tergolong jenis fungus silahkan klik, yang berarti bahwa tumbuhan ini tidak memiliki klorofil untuk menghasilkan zat makanan mereka sendiri. Dan sebagian dari padanya sangatlah sedap sekali untuk dimakan, sedangkan yang lainnya ada yang mengandung racun, sehingga siapapun yang mengkonsumsinyaakan pasti mengalami keracunan yang berakibat pada kematian silahkan klik Bagian dari cendawan atau jamur yang tumbuh di atas tanah itu hanyalah bagian yang berupa buah dari fungus itu. Bagian yang selebihnya dari tumbuhan itu berada di dalam tanah, yang terbentuk sebuah jaringan  benang yang kusut berwarna putih dan telah menjadi padat. benang-benang ini disebut dengan MISELIUM klik disini.
Benang-benang miselium itu bertumbuh dari spora - spora kecil yang merupakan partikel-partikel kecilbagaikan debu, yang berasal dari cendawan yang telah dewasa. Pada benang-benang ini timbul benjolan jaringan-jaringan kecil berupa putik-putik kecil yang mumbul keluar, tumbuh keatas dan akhirnya membersit dalam bentuk seperti payung, atau dalam bentuk yang memiliki sifat khusus dari pada setiap cendawan itu.
pada kebanyakan cendawan atau jamur itu, yakni pada bagian bawah dari bentuk payungnya, terdapat semacam insang yang letaknya saling berdempet-dempet. Pada bentuk insang-insang inilah spora -spora kecil itu berkembang, Maka spora-spora itupun pada rontok lalu terbang dibawa angin. Apabila spora itu jatuh pada permukaan tanah yang cocok untuk di tumbuhi maka, mereka pun berkembang menjadi sebuah tanaman yang baru.
kebanyakan cendawan atau jamur itu tumbuh di tempat yang berupa hutan lembab dan banyak ternaung dari sinar matahari atau pada dasar jurang-jurang yang dalam, dimana terdapat cukup banyak naungan, iklim panas dan tempatnya serba lembab. Cendawan yang kita saksikan secara lazimnya ditengah padang rumput itu berbeda, dengan beberapa jenis lainnya. Mereka tumbuh paling baik di tengah-tengah padang rumput yang luas dimana mereka bersifat terbuka terhadap sinar matahari. akan tetapi oleh karena cendawan atau jamur itu terdiri sebagian besar dari bahan air, kebanyakan diantaranya tidak dapat hidup dimana terdapat angin panas serta sinar matahari.

Sumber: Cv Pelita Indonesia