Monday, June 4, 2012

CAT MOBIL YANG TETAP MENGKILAP

setiap orang pasti bangga dengan tampilan mobil yang selalu kelihatan baru sewaktu mereka mengendarai. cat mobil layaknya kulit, seiring berjalanya waktu cat mobil pasti akan memudar dan mengalami proses penurunan kualitas cat, oleh karena itu jaman sekarang telah menjamur berbagai showroom mobil yang memberikan perawatan untuk kecantikan mobil. hal ini bersifat wajar karena dan alami, penyebabnya antara lain paparan sinar UV klik disini dan bahan kimia.
Bahan kimia yang langsung menyentuh bodi kendaraan adalah hal-hal yang sering kita temui dalam keseharian, seperti kotoran burung, serangga, polutan udara, dan pemoles mobil.  untuk menghindari efek negatif dari bahan-bahan kimia, mungkin kita bisa dengan mudah mengatasinya dengan mudah dengan segera membersihkan agar tak memperparah efek negatif yang diberikan pada cat mobil. Sementara untuk perawatan cat mobil ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar membuatnya tetap mengkilap dan menarik. diantaranya
  1. Untuk menghindari terkena paparan sinar UV yang terlalu banyak, ada baiknya jika anda membiasakan diri untuk parkir mobil anda di tempat yang teduh. Bila terpaksa harus meninggalkan mobil untuk waktu yang lama ada baiknya anda menutupi mobil dengan sarung mobil yang banyak dijual di toko sesuaikan dengan jenis mobil anda.
  2. Cuci mobil anda secara teratur, idealnya cuci mobil minimal 2 minggu sekali untuk menghindari adanya penumpukan polutan dan bahan kimia jahat lainnya. Sebaiknya cuci mobil di tempat yang teduh agar air pencucian tidak cepat kering dan meninggalkan bekas. Saat mencuci mobil gunakanlah sabun khusus untuk mencuci mobil dengan pH ballanced. hindari penggunaan sabun colek karena hanya akan mengkikis lapisan cat mobil.
  3. Jangan pernah mencuci mobil dengan air panas karena akan merusak lapisan cat mobil
  4. Sesekali beri lapisan lilin ( WAX) klik disiniuntuk memberikan shine coating sekaligus melindungi lapisan cat dari sinar UVdan polutan lainnya. Ada baiknya anda melakukan waxing sekitar 2-3  bulan sekali untuk memberikan perlindungan ekstra
  5. segera perbaiki bagian cat mobil yang terkelupas atau retak-retak. semakin lama ditunda maka semakin berbahaya.


Sumber: Kompas 20 April 2012