Monday, June 25, 2012

Pergaulan Remaja dan Permasalahannya

Di jaman sekarang ini banyak para remaja yang sudah mulai kurang memperhatikan rambu-rambu dalam pergaulan, hal tersebut dikarenakan pada saat ini tehnologi yang mulai lambat laun membelokkan pola pergaulan remaja di indonesia yang dulunya identik dengan budaya sopan santun kini beralih kepada kehidupan yang serba gemerlap, hura-hura yang ujung-ujungnya akan berdalih pada sikap egoisme hal ini yang biasanya akan memicu ke arah anarkhisme, tetapi semua itu tidak hanya bisa menyalahkan dampak dari terbukanya teknologi tetapi kita harus melihat kembali kepada pola hidup diri kita terutama pada keluarga kita, hal itulah yang menjadi landasan utama dalam memfilter diri kita dari pengaruh - pengaruh baru akibat semakin pesatnya perkembangan dari teknologi. jika kita mau mengintrospeksi diri kita sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membentengi diri kita terhadap dampak negatif dari pergaulan remaja saat ini diantaranya ; Kita harus membuat pola hidup kita lebih bermakna. kita tahu hidup kita tidak pernah sepi dengan apa yang disebut dengan masalah atau persoalan hidup. oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam menempatkan diri kita dalam kehidupan ini, kita harus bisa bersikap positif dan arif dalam menyelesaikan segala permasalahan hidup ini. kita harus bisa mencari solusi sebelum membuat suatu masalah, oleh karena itu didalam sikap kita sebaiknya harus dipikirkan terlebih dahulu apa yang akan terjadi atas langkah kita dan dampaknya bagi orang lain. setiap ada kesempatan kita harus bisa memanfaatkan kesempatan itu. agar hidup kita lebih bermakna ada beberapa hal yang mungkin bisa kita jadikan patokan diantaranya ;
  • Jadilah dirimu sendiri, maksudnya adalah kita boleh meniru gaya dan kehidupan orang lain tetapi jangan sampai kita meninggalkan jati diri kita sendiri. oleh karena itu kita harus mengenal siapa sebenarnya diri kita, seberapa besar kekuatan dan kemampuan diri kita, seberapa kuat keyakinan kita, seberapa selektifkah diri kita dalam memilih sesuatu dalam kehidupan ini, ingat dalam kehidupan ini "KITA BOLEH MEMILIH TETAPI KITA JANGAN MENYESALI APA YANG TELAH KITA PILIH" oleh karena itu kita harus mampu memotivasi diri kita agar tidak meninggalkan jati diri kita. kita boleh menjadi diri sebagai orang lain karena kepintarannya, kecerdasannya, budi pekerti yang baik, tetapi kita jangan sampai mengambil jati diri atau publik figur dari sifat yang negatif. hidup ini akan lebih bermanfaat jika dihiasi dengan sesuatu yang bermakna, tux memulai hidup yang bermanfaat kita harus bisa membangkitkan.
  • Menghargai Diri Sendiri, Kita tahu bahwa setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan kekuarangan oleh karena itu. kita harus bangga dengan diri kita sendiri kita boleh meniru orang lain tapi kita jangan sampai meninggalkan jati diri kita karena siapa tahu publik figur yang kita tiru lebih baik diri kita, oleh karena itu kita harus selalu menggali potensi dalam diri kita agar kita tidak mudah di hina oleh orang lain malah sebaliknya kita akan dijadikan contoh bagi mereka.
  • Manfaatkan Waktu, memanfaatkan waktu disini adalah kita harus betul-betul dapat memanage waktu kita untuk tujuan yang positif percuma kita diberi umur panjang jika kita tidak dapat memanfaatkan waktu kita untuk hal-hal yang positif. Usia remaja adalah usia dimana sebagian remaja memanfatkan waktunya untuk bersenang-senang, sebagian remaja mengambil filsafat " MUDA KAYA RAYA TUA MASUK SURGA" , tetapi meraka tidak bisa bagaimana mereka mencari jalan untuk kaya alias sukses sebagian dari remaja masih mengandalkan pendapatan dari orang tuanya oleh karena itu disinilah pentingnya mengatur waktu, karena kita tidak akan terkejut lagi jika kita lepas dari orang tua kita yang selalu membiayai hidup kita. kita akan menjadi manusia yang MANDIRI, dalam artian sukses kita bukan karena keturunan tetatpi lebih pada halsil jerih payah kita.
  • Mulai belajar membuat target, disini kata TARGET adalah tujuan hidup kita karena hidup tanpa target tidak akan berguna, orang dikatakan sukses jika TARGET dalam hidupnya telah tercapai, oleh karena itu dalam menentukan target hidup supaya tercapai kita harus membuat suatu rencana karena jika dalam hidup ini semua direncanakan pastilah akan terfokus .
  • Kembalikan semuanya kepada sang pencipta, kita semua percaya bahwa kehidupan yang ada di bumi ini pastilah ada yang mengatur. oleh karena itu kita jangan gampang menyerah jika kita terbentur pada sebuah masalah, tetapi kita harus lebih mendekatkan diri kita pada sang khalik dan kita harus yakin bahwa ada satu kekuatan yang bisa membantu, menolong, melindungi, dan memberi petunjuk kepada kita dalam menjalani hidup ini, tetapi sekali lagi semua harus diimbangi dengan USAHA .