Sunday, March 1, 2015

SYARAT TUMBUH JERUK ASAM

    Jeruk nipis bisa tumbuh pada daerah berketinggian antara 0 - 1.000 dpl. untuk semua jenis tanah, namun jeruk nipis lebih menyukai tanah alkali dengan derajat keasaman (pH) tanah antara 5-6. sebagaimana umumnya tanaman jeruk, jeruk nipis membutuhkan sinar matahari penuh. oleh karena itu, lokasi penanaman harus lahan terbuka dan tidak ternaungi. Sementara tipe daerah tumbuh jeruk nipis lebih banyak ditemukan didaerah dengan musim hujan antara 2-5 bulan dan musim kemarau antara 6-9 bulan.
     Jeruk nipis toleran terhadap kekeringan. jika tanaman di daerah kering dengan kondisi tanah kurang subur, jeruk nipis masih bisa tumbuh dan berbuah, asalkan pengairannya baik dan pemberian pupuk cukup. Jika di tanaman didaerah sangat basah dan daerah basah, jeruk nipis peka terhadap kanker batang. jeruk nipis juga bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian lebih  dari 1.000m dpl. Akan tetapi, pada daerah tersebut sangat rawan bagi pertumbuhan jeruk nipis sebab jeruk sangat sensitif dengan udara dingin.
     Jeruk nipis bisa di tanam di daerah dengan kriteria sebagaio berikut :
1. Daerah sangat basah, yaitu daerah yang rata - rata bulan keringnya dalam setahun sebanyak 0- 1,5 bulan
2. Daerah basah,yaitu daearah yang rata- rata bulan keringnya dalam setahun antara 1,5 - 3 bulan
3. Daerah agak basah yaitu, daerah yang bulan keringnya rata - rata dalam setahun antara 3-4,5 bulan 
     Ada pula beberapa bhan rujukan yang menyebutkan bahwa jeruk nipis lebih menyukai daerah tanam agak kering dengan jumlah rata - rata bulan keringnya dalam setahun antara 4,5 - 6 bulan. 
Maksud bulan basah adalah jumlah curah hujan rata - rata di atas 100 mm3 dan jumlahnya lebih besar dari jumlah penguapan rata - rata air tanah. sementara yang dimaksud dengan bulan kering adalah jumlah curah hujan kurang dari 60 mm3 dan jumlahnya curah hujan antara 60 - 100 mm3 dan jumlahnya seimbang dengan jumlah penguapan air tanah disebut sebagai bulan lembab. Secara lebih rinci daerah tipe hujan dengan jumlah rata - rata bulan kering dapat dilihat pada tabel Perbandingan bulan basah dan bulan kering daerah tipe hujan


 
Catatan : 
1. *) = belum diteliti
2. Q = perbandingan antara rata - rata lamanya bulan kering ( K ) dan rata - rata lamanya bulan basah ( B ) dalam tahun sama 
        = K/B Ratio
        = Quotient
          
 Jika jeruk nipis di tanam di daerah sangat basah, kedalaman air dalam tanah antara 0 - 50 cm, 50 - 150 cm, 150 - 200cm atau lebih dari 200cm. jika ditanam di kedalaman air dalam tanah di atas 200 cm, meskipun akar tanamannya sulit menjangkau air, tanaman masih bisa tumbuh karena curah hujan yang turun hampir sepanjang tahun. 
kedalaman air dalam tanah yang sesuai untuk jeruk nipis yang ditanam di daerah basah 50 - 100cm atau 100 - 150cm. jeruk nipis tidak sesuai ditanam di daerah dengan kedalaman air lebih dari 200 cm. sementara jika di tanam di daerah agak basah, lokasi penanamannya harus memiliki kedalaman air dalam tanah seperti daerah basah.