Thursday, March 5, 2015

Menjaga Kesehatan Yang Baik

Sebagian orang memang bangga dengan harta kekayaan yang dimilikinya tetapi dibalik semua kekayaan yang kita miliki ada harta berharga yang tidak tampak tetapi membuat orang bisa merasa bahagia selama hidup, dan harta tersebut tidak berpihak kepada si kaya atau si miskin, asal kita mau berusaha dan menjaga harta tersebut, harta yang berharga dan harus kita jaga adalah kesehatan kita, oleh karena itu ada beberapa langkah atau cara dalam menjaga kesehatan diantaranya  :
  1. Ingatlah akan sang Pencipta ( TUHAN ) .Kita tahu bahwa apa semua yang ada dimuka bumi tidak  luput dari pandangan dan pengawasan Sang Pencipta. apa yang kita terima dan kita dapat mulai  kita bangun hingga kita beristirahat pada malam hari semua itu adalah karunia dari TUHAN, oleh karena itu wajiblah bagi kita untuk selalu bersyukur kepada-Nya. agar supaya kita selalu diberi yang terbaik oleh-Nya.
  2. Aktivitas yang Teratur, Dalam kehidupan kita sehari- hari alangkah baiknya kita membuat suatu rencana atau suatu jadwal yang teratur seperti jadwal yang teratur ketika makan, atau ketika tiba waktunya untuk istirahat hal ini untuk melatih diri kita disiplin . terutama dalam latihan olah raga juga diperlukan kedisplinan yang tinggi. bicara masalah olah raga yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya adalah olah raga jalan santai selain waktunyapun bisa dilakukan pada pagi hari disaat udara masih segar. ada juga aktivitas yang menyerupai olah raga sekaligus bekerja yaitu gerakan mengepel lantai dengan menggunakan tangan ( tanpa menggunakan alat bantu seperti yang ada seperti sekarang semacam tongkat atau stik pel-pelan ) hal ini membantu terhadap jantung kita juga membantu kepada seluruh peredaran darah kita.
  3.  Makanan, yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan yang lain hal ini dikarenakan walaupun kita berolahraga dan membagi waktu kita secara teratur tetapi tidak diimbangi dengan makanan yang mendukung semua yang kita lakukan akan sia-sia. selain itu usahakan porsi kita sewaktu makan sama ketika waktu  tidak lapar, hindari makan kita ketika makan waktu lapar yang berlebih, jika bisa usahan konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta ikan laut atau 5 sehat 4 sempurna sesuaikan dengan kemampuan kita.
  4. Hindari Rokok, seorang yang menginginkan hidupnya selalu sehat sebaiknya sebisa mungkin hindari merokok karena kita tahu rokok mengandung racun yang dapat membahayakan kondisi tubuh kita apalagi bahaya rokok bagi ibu yang lagi hamil sangat rentan terhadap kecacatan fisik si bayi. selain itu juga dari segi ekonomi merokok merupakan suatu pemborosan yang tidak terasa kita rasakan.
  5. Positive Thinking, seorang yang selalu berfikir positif terhadap dirinya sendiri dapat menghidari atau mengurangi resiko tekanan darah tinggi oleh karena itu kita harus selalu berfikir terhadap apa yang kita lihat dan terjadi di sekeliling kita. selain itu juga biasakan diri kita menjadi diri yang bersih karena di dalam ajaran agama islam kebersihan adalah sebagian dari iman, oleh karena itu perlu kita menjaga kebersihan pada diri kita terutama ketika hendak atau setelah makan. 
  6. Rekreasi, sebagian penyakit yang diderita oleh orang - orang kaya  pada zaman sekarang adalah penyakit Stress, sehingga akan berakibat kepada timbulnya berbagai penyakit, hal ini disebabkan karena terlalu beratnya beban pikiran kita setelah selama seminggu kita beraktivitas oleh karena itu kita perlu melakukan refressing agar pikiran kita selalu segar dan fress. usahakan kegiatan rekreasi dilakukan ke daerah pantai atau pengunungan, atau kegiatan lain dengan memancing.