Saturday, July 20, 2013

MEMBUAT AKUARIUM

Ada beberapa cara untuk memiliki aquarium, yaitu membeli yang siap pakai atau merakitnya sendiri dengan membeli bahan-bahannya. Membeli aquarium siap pakai memang praktis tetapi biaya cukup mahal mengingat aquarium yang diperlukan untuk budidaya ikan air tawar tidak cukup dua buah. jatuhnya bisa dua atau tiga kali lebih mahal daripada membuat sendiri dirumah.
Oleh karena itu dianjurkan bagi peminat budidaya dengan aquarium agar merakit sendiri saja aquarium sebanyak yang dibutuhkan. selain tidak sulit, keterampilan merakit aquarium secara tidak langsungpun bisa kita kuasai. ini besar artinya buat kita karena siapa tahu selain membudidayakan ikan hias kita pun tertarik menjadi pengusaha aquarium yang tak kalah pula untungnya dari ikan hias.
MERANGKAI AQURIUM
Merangkai aquarium bukanlah pekerjaan yang menuntut ketrampilan istimewa asal mau mencobany. kunci suksesnya terletak pada kelengkapan peralatan yang diperlukan dan kepastian ukuran kaca. Oleh karena itu sekali lagi diingatkan sebelum membeli kaca buatlah dulu ukuran yang pasti dan betul, terlebih menyangkut kerapian pemotongan sisinya, Sebab perbedaan lebar kaca 1 mm saja misalnya sudah cukup membuat urusan jadi repot.
Untuk jelasnya berikut urut-urutan merangkai lembaran kaca menjadi aquarium. Pertama siapkanlah dulu tempat kerja, sebaiknya diatas meja yang agak luas, dalam hal ini bisa saja meja makan. kalau tidak ada di lantaipun bisa hanya saja anda akan terbungkuk bungkuk di dalam proses pengerjaannya. Pertama kali alas aquarium yang telah diberi lem di keempat sisinya di taruh pada tempat yang rata. setelah itu bubuhkanlah lem lem ketiga sisi dinding ( Karena sisi bagian atas tak perlu di lem ).
selanjutnya sisi dinding terpanjang dipasang persis di tepi sisi alas terpanjang (diatas lem). untuk sementara sambil dipegang tegak ambillah sisi terpendek dan pasang pula disisi terpendek alas persis diatas lem. pertemukanlah sisi dinding terpendek dan sisi terpanjang sehingga membentuk sudut yang rapi. Untuk membantu kedua sisi ini berdiri tegak, ikatlah dengan bantuan isolatifdari bagian luar.Perhatikan apakah poosisi kedua dinding terdahulu ini sudah terpasang baik. jika sudah, ambillah dindingg terpanjang berikutnya, dan pasang pula seperti diding terdahulu. Supaya berdiri tegak bantulah juga dengan merekatkan isolatip ke dinding terpendek yang sudah terpasang sebelumnya, setelah rapi, pasanglah sisi terpendek berikutnya dan bantu pula agar berdiri tegak dengan isolasi. Dengan tegaknya dinding pekerjaanpu hampir rampung, tetapi sebelum melangkah lebih jauh perhatikan sekali lagi kerapiannya. Jika sudah bubuhkan kembali lem dari bagian dalam tepat disisi pertemuan kaca. seyogyanya kaca yang sudah terpasang jangan dibongkar pasang lagi agar kekuatan lem tidak berkurang, sehingga akan terhindar dari bocor.
Supaya lebih terjamin kekuatannyabisa pula di permukaan aquarium dipasang lagi sepotong kaca dengan posisi melintang dari satu sisi ke sisi lainnya. letaknya persis di bagian sisi di permukaan aquarium, ada yang membuatnya cuma satu tetapi bisa pula dua agar lebih aman. Akuarium pun sudah jadi, tetapi lebih abik jangan buru buru diisi air, biarkanlah dulu lemnya kurang kurang lebih 24 jam dan lebih lama lebih baik. Setelah dirasa cukup, ujialah dengan memasukan air, pada saat ini perhatikan kembali apakah ada air yang merembbes dari persambungan kaca. biasanya kalau persambungan itu dipotong baik dan disambung rapi dengan lem yang tidak berlepotan, biasanya kebocoran jarang terjadi. jika toh ada keringkanlah kembali dan rekatkanlah lem. Aquarium siap dicuci bersih sebelum digunakan agar semua kotoran termasuk bau dari lem lenyap. dan aquarium siap digunakan.

sumber: Seri perikanan, Penebar swadaya