Friday, July 19, 2013

Cara Memikat Walet Masuk Rumah

Biasanya Setelah membangun runah walet selesai bukan berarti sang pemilik tinggal nunggu hasil tetpai ada beberapa hal yang perlu kita lakukan supaya walet masuk rumah yang telah kita siapkan, karena biasanya setelah kita membuat rumah walet walau sudah bertahun-tahun tetapi belum ada juga yang mau masuk, oleh karena itu didalam membangun rumah walet biasanya jika didatangi atau dimasuki oleh burung seriti ( Colocalia esculenta ) maka walet akan mengikuti hal ini dikarenakan pola hidup burung walet hampir sama dengan burung seriti. Oleh karena itu ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan dalam memikat agat walet mau masuk ke sarang buatan kita :
  1. Kotoran Pemancing Walet, gerombolam seriti yang sebelumnya sudah hadir di dalam rumah dan menghasilkan kotoran, secara tidak langsung dapat memancing walet datang dan apabila merasa tertarik biasanya walet mencoba masuk dan merasakan keadaan didalamnya. jika merasa cocok walet akan menempati rumah tersebut. dan biasaya hal ini yang dilakukan oleh pemilik sarang baru untuk mencoba memancing walet dengan kotoran seriti, biasanya kotoran disebarkan di lantai secara merata, tetapi biasanya ada juga yang memberi pasir untuk menjaga kelembapan ruangan / rumah walet. ada juga kotoran seriti/ walet yang dilumurikan ke tembok dengan alat kuas dan biasanya sebelum di lumurkan di rendam selama 1 hari tujuannya mengurangi kadar amoniak sehingga baunya tidak terlalu menyengat.
  2. Dengan Cara Bau Liur, Cara memancing walet bisa juga dengan memakai tehnik air cucian sarang walet, air ini biasanya di semprotkan atau dikuaskan secara merata di langit-langit rumah / sarang dimana tujuannya agar rumah / sarang walet berbau liur walet, selain air cucian sarang bisa pula digunakan hancuran sarang ditambah air yang kemudian disemprotkan ke dinding / tembok sarang baru. ada juga yang memakai sistem semprot dengan menggunakan campuran putih telur walet dan air. ada juga yang mengunakan telur bebek dicampur madu, dikocok, dan dioleskan pada langit-langit rumah dan dinding jika bisa kompisi telurnya agak banyak. Penyediaan kutu bagi pakan walet bisa menggunakan gaplek dipelataran rumah dan gaplek ditebarkan pada luas ruangan 1-2 m2,.
  3. Menyediakan Pakan, Cara memancing walet agar masuk kerumah baru bisa juga dengan menggunakan pakan, yang beruopa serangga-serangga kecil yang beterbangan disawah, rawa-rawa, atau daaerah yang banyak pepohonannya. biasanya untuk pakan ditebarkan di jerami-jerami dilantai didalam rumah, tumpukan jerami tersebut diperciki air terlebih dahulu supaya membusuk dimana dengan membusuknya jerami akan menimbulkan kutu-kutu kecil yang merupakan bahan pakan walet. atau bisa juga menggunakan beras yang dibusukan selama 4-5 bulan. Penyediakan pakan diluar rumah walet bisa juga dilakukan dengan membuat kolam, karena kolam - kolam ini akan dihuni seranga-serangga akuatik, sebaiknya jarak kolam agak dekat kurang lebih 1-2m dengan rumah. selain sebagai penyedia pakan kolam juga berfungsi sebgai pengendali suhu dan penjaga kelembapan ruangan. kolam yang telah kita buat sebaiknya diisi deng air dari sungai-sungai atau rawa-rawa karena air ini banyak menyimpan larva serangga akuatik dan sebaiknya didalam kolam diberi tanaman air sebagai bahan pakan bagi larva akuatik untuk berkembang biak.
Selain cara -cara diatas sebagian para peternak walet memakai tehnik dengan memutar kaset lengkingan suara burung. yang diputar pada jam 06.00 saat walet keluar dari sarangnya atau pada jam 17.00 pada saat walet kembali kesarangnya.



Sumber : Redaksi trubus