Thursday, July 25, 2013

KHASIAT TEH HITAM OU TEA

Secara sederhana antioksidan dinyatakan sebagai senyawa yang mampu menghambat atau mencegah terjadinya oksidasi, Antioksidan memiliki kemampuan dalam memberikan elektron, mengikat, dan mengakhiri reaksi berantai radikal bebas yang mematikan. Antioksidan yang dipakai kemudian didaur ulang oleh antioksidan lain untuk mencegahnya menjadi radikal bebas ( bagi dirinya sendiri) atau tetap dalam bentuk tersebut. Tetapi dengan struktur yang tidak dapat merusak moleku lainnya, salah satu anti oksidan yang kini tengah mendapat perhatian yang sangat luas adalah OU TEA ( si hitam yang sangat DASYAATTT)
KANDUNGAN OU TEA
beberapa senyawa penting yang terkandung didalam ou tea yang dapat meng membantu mengurangi atau menghindarkan berbagai macam penyakit :
  1. Daftar BernomorCatechin : merupakan antioksiadan yang sama kuatnya dengan beta-karoten. dalam penelitian terbukti catechin dapat memperkuat dinding pembuluh kapiler dan memperlambat proses aterosklerosis. Kandungan catechin dapat pula membunuh helicobar pylori, Bakteri pemicu kanker lambung dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan ( Profesor Ng Tze Pin)
  2. Polypenol adalah group dari subtansi kimia yang ditemukan dalam tanaman, kemampuannya 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E dalam menetralisir radikal bebas serta bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang merusak DNA dan menghentikan perkembangbiakan sel-sel liar (Kanker), mengurangi kerapuhan dinding kapiler ( Capillary Fragility) dari aliran darah, membantu menormalkan hyperfunction serta kelenjar gondok. Polyphenol juga berperan sebagai pencegah kolesterol jahat ( LDL = Low Density Lipoprotein) serta dapat menghambat aktivitas lipolisis dari lipase gastrik dan lipase pankreas sehingga pencernaan lemak dihambat, dan tidak dapat diserap oleh usus halus sehingga dikeluarkan bersama feses ( jane V. Higdon, Balz Frei)
  3. Tannin, Teh memilki kandungan alami tanin yang tinggi, tannin tidak hanya membantu menyembuhkan luka bakar dan menghentikan pendarahan, tetapi juga membantu mencegah infeksi. Tannin juga selektif melindungi ginjal. Tannin telah digunakan untuk membantu mengatasi pertolongan pada sakit tenggorokan, diare, pendarahan, kelelahan, bisul/borok. Tannin dapat membantu mengeluarkan racun gigitan lebah dan racun penyebab iritasi pada kulit ( Hamilton - Miller JM) Tannin sangan baik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, termasuk mengencangkan bibir, merawat kulit wajah, menghitamkan rambut dan menbantu mengatasi mata sembab serta jerawat ( www.perempuan.com)
  4. Theaflavin dan Thearubigin merupakan antioksidan alami yang sangat potensial, dan dalam jurnal carcinogenesis th 2006 penelitian tersebut mengemukakan bahwa TF>ECG>EGCG>TF2B>TF2A>TF1E2>EGC dalam menghambat terjadinya oksidasi LDL pada mannusia dan Dr Graham Rena dari Crop Research Institute mengungkapkan bahwa senyawa tersebut dapat memicu fungsi insulin dalam tubuh.
  5. Flavonoid berfungsi sebagai senyawa alamiah yang direferensikan sebagai pemodifikasi biologis alami, Flavonoid juga menunjukkan aktivitas antialergi, antibiotik, antiradang, antibakteri, antikanker ( www.wikipedia.com) menurut John Folts, seorang direktur sekolah medis Universitas Wisconsin AS bahwa flavonoid juga membantu menghambat pengggumpalan sel-sel platelet darah sehingga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  6. Fluoride, dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta berperan dalam metabolisme tulang, membantu melawan osteoporosis. Fluoride yang terkandung didalam daun teh ( sebanyak 35-339 ppm ) mampu berperan sebagai antimicroba, menghambat translokasi gula sel dan menghambat enzim fosfatase sel (www.mediaindo.co.id)
  7. Magnesium, bergungsi memelihara fungsi otot dan urat saraf agar normal, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta menjaga tulang agar kuat. magnesium berperan penting dalam membantu menormalkan kadar gula darah dan tekanan darah. Magnesium berperan penting dalam membantu mencegah penyakit kardiovaskuler dan mengatur jumlah kalsium yang masuk kedalam sel tubuh. ( National Institutes of health. Office of Dietary Supplement, USA)
  8. Vitamin E, merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga berperan penting dalam sel darah merah, dan membantu penggunaan Vitamin K oleh tubuh ( Herrera E, Barbas C, Vitamin E: Action, metabolism and perspectitives)
  9. Vitamin K, membantu proses pembekuan darah ( Clotting) dan proses mtabolisme tulang serta membantu mencegah osteoporosis dan pengapuran pada urat nadi

MANFAAT YANG DIDAPAT JIKA KITA MINUM OU TEA SETIAP HARI ;
  1. Meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh .
  2. Membantu melancarkan pencernaan dan air seni.
  3. Membantu menormalkan kadar gula darah.
  4. menetralisir lemak dalam makanan dan menekan penimbunan kolesterol
  5. Membantu mencegah infeksi
  6. Menghambat penggumpalan sel-sel phatelet darah
  7. Membantu menurunkan tekanan darah
  8. Menormalkan hyperfunction serta kelenjar gondok
  9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  10. Melawan Osteoporosis dan pengapuran pada urat nadi
  11. mempertahankan berat badan ideal
  12. Membantu meredam penyakit jantung, kanker, dan diabetes
  13. Membantu mengatasi stroke