Monday, February 6, 2012

JENIS-JENIS IKAN AIR TAWAR

Ikan jenis air tawar terdiri dari ikan yang sangat mudah dipelihara dan diperbanyak. Pemeliharaan ini dapat memberi keuntungan kepada petani ikan. semula jenis-jenis ikan ini liar tetapi kemudian dapat dijinakkan setelah diketahui sifat sifat serta keadaan lingkungan hidup yang dikehendaki. Diantara jenis-jenis yang telah dapat dijinakkan itu antara lain :

  1. IKAN MUJAIR (Tilapia Mosambica) Ikan mujair dapat dipelihara dengan mudah, Ikan ini dapat hidup di air tawar dan di air payau. Berkembang biaknya dapat dikatakan cepat. Akan tetapi kurang baik dipelihara dicampurkan dengan jenis ikan air tawar yang lain. karena akan menghabiskan makanan untuk ikan-ikan yang lain, Telurnya ditetaskan dalam mulutnya yang kemudian disemburkan kemana-mana. Ikan mujair ini termasukjenis ikan pemakan segala. Jadi sangat baik dipelihara dikolam yang airnya banyak mengandung kotoran.
  2. IKAN TAWES (Puntius Javanicus) Sama halnya dengan ikan mujair, ikan ini dapat pula hidup di air tawar atau di air payau. Makanan berupa plankton atau tumbuhan kecil yang terdapat dalam kolam tempat pemeliharaannya. Disungai-sungai masih banyak ikan tawes yang hidup tanpa dipelihara orang. Jenis ikan inipun dapat berkembang biak dengan cepat Pemeliharaannya dapat disatukan dengan jenis ikan yang lain, misalnya ikan mas atau nilem. Karena warna ikan ini putih, kadang-kadang disebut ikan putihan, Ikan tawes yang hidup bebas di sungai sungai berpijah pada awal musim penghujan. sedangksn yang telah dipelihara dikolam-kolam bisa berpijah setiap saat.
  3. IKAN TAMBAKAN (Helastoma Temmineki). punggung ditumbuhi duri-duri, bentuk badannya gepeng, ikan jenis ini sangat baik untuk dipelihara di kolam yang banyak diganggu ular pemakan ikan. Makanan ikan jenis ini berupa lumut-lumut halus sekali. Induknya dapat menghasilkan bibit yang banyak. Hanya saja ia bertelur pada masa-masa tertentu.
  4. IKAN MAS ( Cyprinus Carpic). jenis ini banyak sekali dipelihara di sawah dan dikolam Dapat hidup didaerah dataran rendah ataupun dataran tinggi, hidupnya terutama dari makanan berupa cacing-cacing, bermacam-macam binatang air yang kecil. Juga senang pada dedak, ampas dan sebagainya.Yang termasuk jenis ikan ini adalah ikan karper yang terbagi atas beberapa warna kulit seperti yang berkulit hijau disebut ikan tombro yang berkulit jingga disebut ikan nyonya.
  5. IKAN GURAMI (Osphoronemus Goramy) jenis ikan ini hidup dari makanan berupa daun-daun ubi kayu, pepaya, talas ubi jalar, dan sebgainya, Juga senang kepada rayap dan binatang air kecil lainnya. Jenis ikan ini agak lambat pertumbuhannya, mereka membuat sarang dari rumput-rumputan, sabut dan sebagainya. Rasa dagingnya enak sehingga sangat disukai orang.
  6. IKAN NILEM ( Osteochilus Hasellti ), Jenis ikan ini mudah berkembang biak pada kolam atau sawah yang airnya selalu mengalir, lebih disukai air yang jernih, makanannya berupa lumut-lumut halus.
  7. IKAN SEPAT SIEM ( Trichogaster Pectoralis ) adalah jenis ikan rawa yang enak rasa dagingnya. oleh karena itu banyak dijadikan ikan kering dan dijual dipasar-pasar. Makanannya berupa plankton-plankton dan tumbuhan air yang kecil-kecil. Jenis ikan ini suka membuat sarang busa disekitar tumbuh-tumbuhan air. Karena itu ia sangat senang hidup dirawa-rawa yang banyak tumbuhan.
Selain yang sudah disebutkan diatas masih banyak pula jenis-jenis ikan air tawar yang bisa dipelihara di kolam-kolam. terpadat pula jenis-jenis ikan air payau, yaitu ikan yang dapat hidup di air yang sedikit terasa asin karena mengandung kadaar garam yang ringan, antara lain : ikan bandeng (Chanos-Chanos), sebenarnya jenis ikan ini adalah ikan laut yang tahan terhadap air yang kadar garamnya amat rendah. tetapi ditinjau dari pemeliharaannya digolongkan sebagai usaha perikanan darat. sampai saat ini belum berhasil dikawinkan di kolam. Benih-benihnya terpaksa dicari dilaut oleh nelayan Nener ( Benih bandeng ).

Sumber: penerbit angkasa bandung, perikanan darat
www.galeri-burung.blogspot.com